Sabtu, 23 Maret 2013

Sejarah Futsal di Indonesia dan Cara Bermain Futsal



Futsal masuk ke Indonesia sekitar tahun 1998-1999. Kemudian pada tahun 2000-an, futsal mulai terkenal dikalangan masyarakat. Sampai saat ini sudah banyak pemain bagus yang lahir dari daerah-daerah, sekarang tinggal Badan Futsal Nasional (BFN) yang dapat menyalurkan bakat mereka untuk membela Timnas Futsal Indonesia. BFN juga harus meyiapkan sarana dan pra sarana untuk menyokong majunya Futsal diIndonesia.

Yang saya ketahui di Indonesia ada 2 (dua) jenis lapangan futsal yaitu : lapangan dengan rumput syntetis, dan lapangan  dengan vinyl. Seperkiraan saya untuk ukuran standard nasional yang ada di Indonesia (tempat saya bermain) adalah lebar 15 meter dan dengan panjang 25 meter.

Dalam bermain futsal terdapat beberapa peraturan diantaranya :
jumlah pemain adalah 10 orang (5 orang / team)
waktu bermain futsal adalah 2 x 20 menit
terdapat 2 cara untuk melakukan kick off yaitu : dapat melakukan tembakan langsung, atau mengoper keteman.
lemparan kedalam berbeda dengan sepakbola, jika sepak bola dilempar dan jika futsal anda harus menendangnya diluar garis tepi lapangan.
peraturan selebihnya sama dengan peraturan sepakbola
dalam bermain futsal alangkah bagusnya jika kita menguasai beberapa trik futsal, untuk itu saya akan berbagi video futsal yang saya ambil dari www.youtube.com.


Sekian postingan saya tentang futsal semoga bermanfaat.
sumber video : www.youtube.com.



1 komentar: